Senin, 20 Oktober 2014

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu EkonomiIlmu ekonomi adalah ilmu yang tertua di dunia, karena masalah ekonomi adalah pangkal dari masalah manusia secara manusia pertama ada ribuan tahun lalu. Memang,  saat awal kehidupan istilah ekonomi belum ada, tapi masalah ekonomi sudah ada.
Ilmu ekonomi merupakan kajian yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang relatif tidak terbatas, sedangkan alat pemenuhan kebutuhan berupaya sumber daya alam terbatas. Dengan melihat pengertian tersebut, maka jelas sekali ilmu ekonomi dipelajari karena adanya kesenjangan antara sumber daya alam yang tersedia dengan kebutuhan manusia.

Ilmu ekonomi dipelajari untuk mengatasi kesenjangan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan sumber daya alam yang terbatas. Dengan adanya ilmu ekonomi, manusia memiliki kemampuan menggunakan sumber daya alam yang terbatas tersebut untuk memberikan kepuasan maksimum. Mau tidak mau, manusia harus memilih dari berbagai kemungkinan pilihan yang tersedia.
Pengertian ilmu ekonomi
Pengertian ilmu ekonomi
Pengertian Ilmu Ekonomi, dimana Ilmu ekonomi membimbing manusia memilih kebutuhan yang memberikan untung terbesar. Keterbatasan sumber daya ini membuat manusia harus mengutamakan kepentingan yang satu demi kepentingan yang lain, misalnya banyak orang tua yang terpaksa mengorbankan kepentingannya untuk berlibur demi biaya pendidikan anaknya. Kesimpulannya, ilmu ekonomi bertujuan memberikan panduan bagi manusia dalam mengambil keputusan terhadap pilihan yang ada yang terbatas tersebut.

Kumpulan Pengertian Ilmu Ekonomi

Yang dikenal sebagai Bapak Ilmu Ekonomi adalah Adam Smith, yang memperkenalkan konsep pasar persaingan sempurna yang mengarah pada liberalisme ekonomi, yang juga dikenal sebagai teori ekonomi klasik.
Pengertian Ilmu Ekonomi lainnya adalah sebagai berikut:
– Ekonomi poliitik (political economy) merupakan studi mengenai kegiatan, menggunakan uang atau tidak menggunakan uang, melibatkan pertukaran antar-manusia.
– Ilmu ekonomi merupakan kajian mengenai penentuan pilihan yang benar dan tepat dalam memanfaatkan sumber-sumber produktif berupa barang modal, mesin, tenaga kerja, tanah dan skill, untuk memproduksi berbagai jenis barang, menyalurkannya (distribusi) kepada para konsumen.
– Ilmu ekonomi merupakan kajian mengenai manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari serta menikmati hasil pemenuhan kebutuhan tersebut.
– Ilmu ekonomi adalah studi mengenai kekayaan manusia.
– Ilmu ekonomi merupakan studi mengenai bagaimana caranya memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar